Minggu, 08 Januari 2017

JENIS-JENIS TIKUS

Adapun jenis-jenis tikus diantaranya:
1.Tikus Got/Norway Rat (Rattus norvegicus)
Tikus Besar
Tikus Got/Norway Rat (Rattus norvegicus) merupakan jenis tikus pertama ditemukan diamerika tahun 1775 yang terbawa oleh kapal dagang dari Eropa, dan kini tersebar diseluruh dunia. Tikus Got adalah jenis terbesar, terkuat, terlebih agresif dan lebih mampu bertahan hidup meski pada iklim dingin dibandingkan tikus atap dan nyingnying. Tikus Got mempunyai berat antara 200-500 gram, berbulu kasar, berekor pendek dan berdaun telinga kecil dibanding jenis lainnya.
2. Tikus Atap/Rof Rat (Rattus rattus)
tikus atap
Sering kali tikus atap disebut dengan nama tikus abu-abu atau tikus kapal. Ukuran tikus atap lebih kecil dibandingkan tikus got dengan berat 150-250 gram. Reproduksi biologinya hampir sama dengan tikus got. Tikus atap dapat dikatakan sebagai “vegetarian” jadi tidak menyukai produk hewan, disamping menyukai biji-bijian juga buah dan sayuran. Selain diplafon pada populasi tinggi tikus atap dapat membuat sarang tambahan di bawah/lantai.
3. Tikus Nyingnying/Pithi/House Mouse (Mus musculus)
tikus nyingnying
Tikus nyingnying bermula berkembang pesat di Asia Tengah mulai dari Iran hingga Russia, tapi kini telah menyebar di seluruh dunia. Tubuhnya kecil dengan berat 50-100 gram, daun telinga lebar, bulu halus dan ekor lebih panjang dari tubuhnya. Disamping menyukai sereal, tikus ini di area luar juga suka biji rumput, serangga, dan makanan apapun yang ditemukannya. Tikus di dalam ruangan menyukai tempat hangat dan bersarang dekat makanannya. Tikus ini juga dapat beradaptasi pada suhu ekstrim dan pernah ditemukan bersarang pada freezer daging.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar