Selasa, 20 Desember 2016

Pengertian makhluk hidup adalah suatu organisme yang dapat mempertahankan dirinya dari berbagai perubahan lingkungan dan dapat berkembangbiak untuk melestarikan jenisnya. Dalam dunia biologi yang termasuk ke dalam golongan makhluk hidup adalah mikroorganisme seperti bakteri, tumbuhan, hewan, dan manusia.
Pengertian makhluk hidup dan ciri-ciri makhluk hidup
menanggapi rangsang :daun putri malu setelah disentuh akan menguncupkan daunnya
Sedangkan virus tidak bisa digolongkan sebagai makhluk hidup karena virus tidak dapat berkembangbiak secara sendiri (harus memerlukan inang atau organisme lain yang ditempati). Virus juga tidak mampu bertahan hidup kalau di luar inangnya.
Ciri-ciri makhluk hidup
1. Memerlukan makanan
Setiap makhluk hidup tentu membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Tanpa makanan dan minuman kita tidak bisa bertahan hidup. Sumber energi yang ada di dalam tubuh kita adalah makanan. Ibaratnya adalah sepeda motor tanpa bensin tentu tidak bisa jalan.
2. Makhluk hidup bernafas
Setiap makhluk hidup seperti bakteri, tumbuhan, manusia, dan hewan bernapas sesuai dengan alat pernapasannya masing-masing. Manusia bernapas dengan paru-paru sedangkan ikan bernapas dengan insang.
3. Makhluk hidup bergerak
Makhluk hidup harus bergerak, ada yang tujuannya untuk memperoleh makanan seperti hewan. Kita
manusia tentu bergerak disegala aktivitas.
4. Makhluk hidup tumbuh
Kita sendiri dilahirkan oleh ibu kita dari bayi kemudian tumbuh menjadi balita, tumbuh menjadi anak-anak, tumbuh menjadi remaja, dan tumbuh menjadi orang dewasa.
5. Makhluk hidup berkembang biak
Salah satu tujuan makhluk hidup berkembang biak adalah untuk mempertahankan jenis atau keluarganya. Kita sebagai manusia sangat bangga sekali kita mempunyai adik atau anak. Kalau kita sudah tua, anak kita yang bisa merawat kita.
6. Makhluk hidup peka terhadap rangsangan
Makhluk hidup seperti tumbuhan akan tumbuh menanggapi rangsang cahaya matahari. Jadi tumbuhnya adalah ke arah matahari. Seperti laron dan binatang serangga kecil yang bisa terbang juga menanggapi rangsangan cahaya.
7. Makhluk hidup mampu beradaptasi
Sebagai contoh kita pada waktu pergi ke daerah pegunungan yang dingin maka tubuh kita banyak memproduksi hemoglobin. Oleh karena itu pipi kita terlihat kemerah-merahan.
8. Mahkluk hidup mengeluarkan zat sisa
Kita setiap hari atau tiap pagi mengeluarkan kotoran. Kalau tidak dikeluarkan tentu akan menjadi racun pada tubuh kita. Zat sisa tersebut adalah hasil dari metabolisme tubuh dari makanan yang kita makan.

Demikinlah penjelasan dari pak Mono mengenai pengertian makhluk hidup dan ciri-ciri makhluk hidup yang kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar